Manfaat Teknologi Sistem Informasi untuk Marketing dengan Teknologi berbasis web dan mobile #Softskill

Ivan Rasyiid Fadhillah – 13117017 (2KA29)

Manfaat teknologi sistem informasi untuk marketing dengan teknologi berbasis web dan mobile.

Pada awal perkembangan informasi, melalui bahasa manusia bertukar sebuah informasi dan bahasa bisa dikatakan adalah sebuah teknologi. Bahasa suara ini memiliki sebuah kelemahan yaitu tidak dapat bertahan lama karena sebuah informasi yang diberikan melalui ucapan dari mulut ke mulut. Pada saat informasi tersebut sudah tersampaikan terkadang informasi bisa diterima berbeda dari setiap penerima, dan jangkauan suara sangat terbatas sampai jarak tertentu. Oleh karena itu pada era modern seperti saat ini perusahaan perlu memiliki langkah baru untuk mengembangkan perusahaan yaitu dengan menerapkan teknologi sistem informasi berbasis teknologi internet.

Tentu dengan adanya perkembangan teknologi sistem informasi ini perusahaan memiliki peluang yang besar karena dengan internet sebuah informasi yang diberikan dapat bertahan lama dan memiliki jangkauan yang sangat luas. Menurut (Mulyadi, 1999 dalam Dony 2008) Teknologi dalam hal ini merupakan salah satu tiang penopang keberhasilan dalam era globalisasi itu.

Tidak sedikit perusahaan yang menggelontorkan dana yang tidak sedikit dalam investasi sistem informasi tersebut. Berdasarkan penelitian dari para peneliti dan praktisi diperoleh hasil bahwa teknologi informasi yang dimiliki oleh perusahaan merupakan nilai potensial yang dapat digunakan sebagai salah satu keunggulan kompetitif perusahaan bersangkutan. Infrastruktur teknologi informasi merupakan alat kompetitif bagi perusahaan dan merupakan masalah krusial dalam perkembangan keunggulan kompetitif jangka panjang sebuah perusahaan. Karakteristik unik dari infrastruktur teknologi informasi menentukan nilai infrastruktur sebuah organisasi. Salah satu karakteristik infrastruktur teknologi informasi adalah fleksibel dan responsive. (Yusni dan Clara, 2008).

Teknologi informasi dalam sebuah organisasi terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, perangkat telekomunikasi, manajemen basis data, dan teknologi lain yang digunakan untuk menyimpan data dan membuat data tersedia dalam bentuk informasi kepada pembuat keputusan. (Daft, 2000 dalam Dinar. K, 2006).

Peranan Teknologi informasi pada perusahaan besar

Perusahaan besar yang memanfaatkan teknologi informasi sebagai ujung tombak keberhasilannya antara lain adalah Google. Perusahaan ini berbasis di Mountain View, California, dan memiliki karyawan berjumlah 19.604 orang (30 Juni 2008).

Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video. Google telah membuat layanan dan peralatan untuk lingkungan bisnis dan masyarakat termasuk aplikasi web, jaringan periklanan dan solusi bagi bisnis.

Google memakai pendekatan “experimentation” dan juga melakukan “A/B experiments”, sebanyak 200 – 300 kali per hari. Google dikenal luas karena layanan pencarian webnya, yang mana merupakan sebuah faktor besar dari kesuksesan perusahaan ini. Pada Agustus 2007, Google merupakan mesin pencari di web yang paling sering digunakan dengan pangsa pasar sebanyak 53,6%, kemudian Yahoo! (19,9%) dan Live Search (12,9%). Google memiliki miliaran halaman web, sehingga pengguna dapat mencari informasi yang mereka inginkan, melalui penggunaan kata kunci dan operator. Google juga telah menggunakan teknologi Pencarian Web pada layanan pencarian lainnya, termasuk, Pencarian Gambar, Google News, situs perbandingan harga Google Product Search, arsip Usenet interaktif Google Groups, Google Maps dan lainnya.

Tahun 2004, Google meluncurkan layanan email berbasis web gratisnya, disebut sebagai Gmail. Gmail memiliki fitur teknologi penyaringan spam dan kemampuan untuk menggunakan teknologi Google untuk mencari surel. Layanan ini mendatangkan keuntungan dengan menampilkan iklan dari layanan AdWords yang dimasukkan dalam isi pesan email yang ditampilkan di layar.

Pada awal 2006, perusahaan ini meluncurkan Google Video, yang tidak hanya membolehkan pengguna untuk mencari dan melihat video secara gratis, tetapi juga membolehkan pengguna dan penyebar media menyebarkan isinya, termasuk acara-acara televisi CBS, pertandingan basket NBA, dan video musik. Bulan Agustus 2007, Google mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan program penyewaan dan penjualan videonya dan menawarkan pengembalian uang dan kredit Google Checkout bagi pengguna yang telah membeli video untuk sendiri.

Google juga telah membuat beberapa aplikasi desktop, termasuk Google Earth, sebuah program pemetaan interaktif yang disediakan oleh satelit dan fotografi udara yang mencakup keseluruhan planet Bumi. Google Earth dianggap sangat akurat dan lebih mendetail. Beberapa kota besar memiliki gambar jelas yang dapat dibesarkan sedekat-dekatnya untuk melihat kendaraan dan pejalan kaki dengan jelas. Akibatnya, terdapat beberapa alasan mengenai keterlibatan dalam keamanan nasional.

Secara spesifik, beberapa negara dan militer beranggapan perangkat lunak ini dapat digunakan untuk melihat dengan kejelasan dekat-jelas lokasi fisik infrastruktur yang rusak, bangunan komersial dan penghunian, pangkalan, agensi pemerintah, dan lainnya. Bagaimanapun, gambar satelit jarang diperbarui, dan semuanya tersedia gratis melalui produk lainnya dan bahkan sumber pemerintah (NASA dan National Geospatial-Intelligence Agency, sebagai contoh). Beberapa orang menilai argumen ini dengan menyatakan bahwa Google Earth mudah diakses juga saat mencari lokasi.

Berkat perkembangan teknologi informasi yang luas google dapat menjangakau milyaran manusia di muka bumi, ini berkat teknologi informasi yang dikembangkan begitu pesat dan tentunya sangat diperlukan oleh banyak orang. Dengan itu google menjadi perusahaan dengan teknologi informasi berbasis web dan mobile yang sangat terdepan karena mengjangkau semua aspek baik itu dari sisi bisnis maupun utilitas.

 

Leave a comment

Website Powered by WordPress.com.

Up ↑